Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » PHP » XAMPP Troubleshooting

XAMPP Troubleshooting

(412 Views) March 27, 2017 8:20 am | Published by | No comment

Bagian ini khusus bagi anda yang gagal menginstall XAMPP. Jika halaman home localhost sebelumnya sudah tampil sukses, anda bisa melewati pembahasan ini.

Tutorial cara menginstall XAMPP sebelum ini juga sudah ada di topsourcecode.com, mayoritas komen- tar yang ada terkait gagalnya proses instalasi XAMPP. Oleh karena itu saya akan membahas sedikit masalah yang mungkin terjadi dan solusinya.

Terdapat Aplikasi Lain yang Menggunakan Port Apache dan MySQL.

Ini adalah sumber masalah yang sangat sering terjadi, dimana aplikasi XAMPP (yakni web server Apache dan MySQL) bentrok dengan aplikasi sejenis. Apakah sebelumnya anda pernah menginstall XAMPP atau aplikasi AMP stack lain? Jika pernah, sedapat mungkin cari lokasi instalasinya dan uninstall.

Gambar: XAMPP error karena port 80 sudah dipakai oleh aplikasi lain 

Aplikasi lain yang bisa bentrok dengan apache adalah Skype dan TeamViewer. Kedua aplikasi ini menggunakan port 80 yang juga merupakan port default Apache. Jika dikomputer anda terinstall aplikasi ini, matikan terlebih dahulu selama menjalankan XAMPP.

 

Aplikasi XAMPP Lain Sudah Berjalan

Ketika anda men-klik icon close (tanda silang disudut kanan atas) XAMPP Control Panel, ini bukan berarti menutup XAMPP Control Panel , tetapi sebenarnya akan tersimpan ke tray icon (icon di kanan bawah jendela windows, dekat penunjuk waktu dan tanggal).

Jika anda sudah menjalankan Apache server dan MySQL server, keduanya juga masih tetap aktif. Dengan men-klik menu tray icon ini, XAMPP Control Panel juga akan muncul kembali.

Gambar: XAMPP Control Panel sebenarnya masih aktif di tray icon 

Sangat mungkin anda menyangka bahwa XAMPP Control Panel telah tertutup dan men-klik kembali shortcut icon XAMPP Control Panel di desktop atau Start Menu. Hal mengakibatkan ada 2 atau 3 XAMPP Control Panel yang jalan bersamaan.

 

Ketika anda menjalankan Apache (klik tombol Start), akan tampil error. Karena (tentu saja) Apache sudah berjalan yang berasal dari XAMPP Control Panel sebelumnya. Silahkan periksa tray icon untuk memastikan.

Atau bisa juga test mengunjungi halaman http://localhost/ Jika tampilan halaman welcome dari XAMPP, berarti web server apache sebenarnya sudah aktif.

Gambar: Ada 3 XAMPP yang jalan bersamaan ! 

Mengubah Port Default Apache dan MySQL

Jika 2 solusi diatas tidak berhasil, anda juga bisa menukar port yang digunakan oleh Apache dan MySQL. Solusi ini saya sarankan bagi yang anda yang tidak keberatan dengan utak-atik konfigurasi XAMPP: Tutorial Cara Mengganti Port Apache dan MySQL di XAMPP

Microsoft .NET Framework Belum Terinstall

Apabila anda tidak menemukan program yang menggunakan port yang sama dengan Apache dan MySQL, bisa jadi error ini disebabkan Microsoft .NET Framework belum terinstall. Jika ini penyebabnya, pada saat instalasi XAMPP biasanya juga ada pesan error seperti ini:

Gambar: Error XAMPP karena Net Framework tidak terdeteksi / belum diinstal 

Solusinya, download dan install Visual C++ Redistributable Packages for Visual Studio 2013 dari situs microsoft.com¹¹. Setelah itu, jalankan setup_xampp.bat di dalam folder instalasi XAMPP.

¹¹https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=40784

Microsoft .NET Framework 2015 untuk XAMPP 7.0.2

Ini adalah error yang saya alami ketika mencoba menginstall XAMPP 7.0.2 di Windows 7. Pada saat proses instalasi semuanya berjalan lancar, tetapi ketika menjalankan web server Apache, tampil jendela error:

Gambar:  Error api-ms-win-crt-runtime-1-1-0-dll

 

Solusinya adalah dengan menginstall Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2015¹².

Masalahnya, “Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2015” juga menolak ketika diinstall. Dari sumber¹³ yang saya temukan, kita harus update Windows dulu, lalu install kembali. Apabila cara ini tidak memungkinkan, silahkan install XAMPP 5.6.15.
¹²https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=48145
¹³http://stackoverflow.com/questions/33265663/api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0-dll-is-missing-when-open-office-file?lq=1

Install Ulang Windows

Ini adalah solusi paling extreme sebagai harapan terakhir. Lakukan hanya jika langkah-langkah diatas gagal dan anda tidak bisa menemukan solusinya di Google 🙂

Related Posts

Categorised in:

No comment for XAMPP Troubleshooting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *