Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » DELPHI » MENGENAL DATABASE ACCESS

MENGENAL DATABASE ACCESS

(1423 Views) March 20, 2017 3:16 pm | Published by | No comment

Access adalah salah satu dari sekian banyak produk database yang beredar saat ini. Access sangat cocok digunakan dalam aplikasi single user atau multi user dengan jumlah terbatas. Hal ini tidak bermakna Access tidak dapat digunakan untuk menyimpan data raksasa atau dengan jumlah yang sangat banyak. Dengan rancangan sistem tertentu, Anda dapat memfungsikan Access sebagai database server sejati.

Namun Access memang tidak ditujukan untuk itu. Dan tentu akan membutuhkan usaha yang lebih besar dibandingkan dengan langsung menggunakan database server, jika memang aplikasi Anda benar-benar ditujukan untuk multi user dengan jumlah user yang tidak sedikit.

 

Dengan fiturnya yang kaya, Anda bahkan dapat membuat produk aplikasi lengkap hanya dengan bermodalkan Access menggunakan pemrograman VBA (Visual Basic for Application) yang sudah built in dalam produk Microsoft Access. Jika memang dapat menggunakan VBA untuk membuat aplikasi database, lalu kenapa masih menggunakan Delphi untuk proses pengembangan software? Jawabannya ada pada skalabilitas dan produktivitas. Jika aplikasi yang Anda buat menjadi semakin besar dan kompleks, dengan beragam fitur sebagaimana dalam software komersil yang profesional (seperti fitur auto update misalnya), menggunakan Delphi akan membuat Anda jauh lebih produktif.

Oya, mungkin setelah saya memperkenalkan Access, ada di antara pembaca yang justru masih kurang jelas, apa sebenarnya definisi dari database itu sendiri? Jawabannya, database adalah: “Sistem penyimpanan data, yang penyimpanan dan pengaksesan datanya mengikuti aturan tertentu” Access menyimpan datanya dalam bentuk table-tabel yang saling berhubungan (relasional).

Related Posts

Categorised in:

No comment for MENGENAL DATABASE ACCESS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *