Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » PHP » Melihat Folder Instalasi XAMPP

Melihat Folder Instalasi XAMPP

(432 Views) March 28, 2017 8:36 am | Published by | No comment

Seperti yang telah kita bahas, XAMPP pada dasarnya ‘mengumpulkan’ berbagai aplikasi yang diperlukan untuk menjalankan PHP. Aplikasi ini ditempatkan dalam folder instalasi XAMPP. Mari kita lihat beberapa diantaranya.

Silahkan buka folder instalasi XAMPP. Dalam contoh sebelumnya, saya menginstall XAMPP di C:\xampp\. Di dalam folder inilah berbagai file dan folder penyusun XAMPP berada. Sebagian besar diantaranya tidak perlu kita ‘ganggu’.


Gambar: Isi folder Instalasi XAMPP

Dalam folder utama terdapat file xampp-control.exe ini tidak lain adalah program yang digu- nakan untuk menjalankan XAMPP Control Panel. File xampp_start.exe dan xampp_stop.exe digunakan untuk menjalankan XAMPP dari cmd (command prompt) Windows. Selama kita bisa mengakses XAMPP Control Panel, kedua file ini tidak perlu dijalankan.

Folder htdocs

Folder htdocs bisa jadi merupakan folder yang paling penting dari seluruh folder lain di dalam XAMPP. Karena, disinilah file PHP harus ditempatkan. Jika file PHP disimpan di dalam folder lain (walaupun masih di dalam folder instalasi xampp), kode program tersebut TIDAK AKAN BERJALAN.

Saya akan kembali membahas penggunaan folder htdocs dalam bab berikutnya.

Folder php

Folder php adalah tempat dimana seluruh file inti PHP berada. Jika anda mendownload aplikasi PHP secara manual dari php.net¹⁴, isi dari aplikasi PHP itu sama dengan folder C:\xampp\php.

Di dalam folder php, terdapat 1 file penting: php.ini. File php.ini berisi seluruh setingan terkait PHP. File php.ini hanyalah file teks biasa yang bisa dibuka dan diedit menggunakan Notepad++.


Gambar: File php.ini yang berisi seluruh konfigurasi PHP
 

Folder apache

Folder apache berisi seluruh file apache web server. Sama seperti php, jika anda mendown- load aplikasi apache dari situs resminya httpd.apache.org¹⁵, isinya akan sama dengan folder C:\xampp\apache. File konfigurasi apache, httpd.conf  berada di folder C:\xampp\apache\conf\.

Folder mysql

Folder terakhir yang perlu diketahui adalah mysql. Seperti yang sudah bisa anda tebak, folder ini berisi seluruh file-file MySQL Server, termasuk database yang akan kita buat. File konfigurasi MySQL terdapat di file my.ini dalam folder C:\xampp\apache\mysql\bin\.

¹⁴php.net

¹⁵https://httpd.apache.org

Jika anda teliti lebih jauh, seluruh file di dalam folder mysql memiliki nama mysql, padahal sebenarnya ini adalah file MariaDB. Pada dasarnya, MariaDB menggunakan source code yang sama dengan mysql, oleh karena itu pula nama file dan foldernya tetap bernama mysql. Hal ini sangat memudahkan kita untuk beralih dari MySQL ke MariaDB.

Related Posts

Categorised in:

No comment for Melihat Folder Instalasi XAMPP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *