Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » PHP » Instalasi XAMPP

Instalasi XAMPP

(332 Views) March 23, 2017 11:34 am | Published by | No comment

Pada saat buku ini ditulis, versi terakhir dari XAMPP adalah XAMPP 7.0.2. Penamaan versi XAMPP saat ini mengikuti versi PHP yang terdapat di dalamnya. Dengan kata lain, XAMPP 7.0.2 berisi PHP 7.0.2. Selain itu, XAMPP 7.0.2 terdiri dari web server Apache 2.4.18 dan database server MariaDB 10.1.10.

Jika komputer/laptop yang anda gunakan sudah relatif baru (Windows 7, 8 dan 10), silahkan download XAMPP 7.0.2, atau versi diatasnya. Dalam beberapa kasus (seperti yang saya alami), XAMPP 7.0.2 tidak bisa berjalan. Jika anda mengalami hal ini, silahkan coba install XAMPP

  • Pembahasan dalam buku ini dapat dijalankan baik di XAMPP 7.0.2 keatas, maupun XAMPP 6.15.

Saya sendiri juga akan menggunakan XAMPP 5.6.15 (PHP 5.6.15) karena lebih universal dan mayoritas web hosting masih menggunakan PHP 5. Jika anda menggunakan Windows XP, terpaksa harus menggunakan XAMPP 1.8.2 yang berisi PHP 5.5.36. Versi XAMPP diatas itu tidak bisa berjalan di Windows XP.

Untuk memulai proses instalasi, silahkan download XAMPP dari apachefriends.org. Atau langsung download dari salah satu link berikut:

Apabila di dalam komputer anda sudah terinstall XAMPP yang masih relatif baru, anda tetap bisa menggunakan aplikasi tersebut. Kode program PHP yang akan kita pelajari sebagian besar masih jalan di PHP 5.4 keatas.

Setelah file aplikasi XAMPP tersedia, kita sudah bisa mulai proses instalasi. Silahkan double klik file XAMPP. Pada contoh ini, file XAMPP yang saya gunakan adalah: xampp-win32-5.6.15-1- VC11-installer.exe.

Jika anda menggunakan anti-virus, akan tampil jendela berikut:


Gambar: Saran untuk mematikan anti virus)

Peringatan ini berisi penjelasan bahwa saat ini program anti virus sedang berjalan. Program anti virus bisa jadi akan membuat proses instalasi berjalan lambat atau mengganggu proses instalasi XAMPP. Anda boleh mematikan anti virus untuk sementara (sekitar 10 menit), atau klik saja tombol Yes.

Jendela peringatan berikutnya adalah tentang UAC (User Account Control):
http://apachefriends.org

https://www.apachefriends.org/xampp-files/7.0.2/xampp-win32-7.0.2-1-VC14-installer.exe

https://www.apachefriends.org/xampp-files/5.6.15/xampp-win32-5.6.15-1-VC11-installer.exe

http://sourceforge.net/projects/xampp/files/XAMPP%20Windows/1.8.2/xampp-win32-1.8.2-6-VC9-installer.exe/download

Gambar: Peringatan UAC jika XAMPP diinistal di C:Program Files) 

Peringatan ini berkaitan dengan proteksi pada Windows. Dimana jika XAMPP diinstall pada folder C:Program Files (x86) mungkin akan terjadi pembatasan hak akses yang menyebabkan XAMPP tidak berjalan dengan normal. Karena alasan ini, saya akan memindahkan file instalasi XAMPP ke folder lain. Silahkan klik tombol OK untuk melanjutkan.

Gambar: Jendela awal instalasi XAMPP) 

Jendela awal instalasi akan muncul, Klik Next.

Gambar: Jendela Select Component 

Jendela berikutnya adalah “Select Component”. Pada bagian ini kita bisa memilih aplikasi apa saja yang akan diinstall. Dalam tahap ini saya akan membiarkan semua pilihan. Klik Next untuk melanjutkan.

Gambar: Jendela Installation Folder 

Jendela selanjutnya adalah “Installation Folder”. Dalam bagian ini, kita bisa mengubah lokasi dimana file-file XAMPP akan diinstall. Anda bebas menentukan lokasi manapun. Sebagai contoh, saya akan meletakkan file XAMPP di C:\xampp. Lanjutkan dengan men-klik tombol Next.

Gambar: Jendela Bitnami for XAMPP 

Tampilan berikutnya adalah jendela “Bitnami for XAMPP”. Bitnami adalah aplikasi AMP stack yang juga menjadi sponsor XAMPP. Hapus pilihan “learn more about Bitnami for XAMPP”, kemudian klik Next.

Gambar: Jendela Ready to Install 

Jendela berikutnya adalah konfirmasi untuk mulai menginstall XAMPP, klik Next, dan XAMPP akan memulai proses instalasi beberapa dalam beberapa saat.

Gambar: XAMPP sedang dalam proses instalasi

Gambar: XAMPP telah selesai diinstall

 Jika jendela “Completing the XAMPP Setup Wizard” telah tampil, berarti proses instalasi XAMPP sudah selesai. Pada bagian ini kita akan langsung mencoba aplikasi XAMPP, sehingga biarkan pilihan check list “Do you want to start the Control Panel now?”, kemudian klik Finish.

Related Posts

Categorised in:

No comment for Instalasi XAMPP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *