Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » PHP » Instalasi Text Editor untuk Editor PHP

Instalasi Text Editor untuk Editor PHP

(716 Views) March 29, 2017 8:42 am | Published by | No comment

File PHP pada dasarnya hanyalah file teks biasa dengan aturan penulisan khusus. Untuk menulis kode PHP, kita bisa menggunakan aplikasi teks editor apapun. Bahkan, aplikasi Notepad bawaan Windows juga sudah mencukupi.

Dalam buku HTML Uncover, saya menggunakan aplikasi Notepad++. Sedangkan dalam buku CSS Uncover, saya memilih Komodo Edit. Kedua teks editor ini sudah lebih dari cukup untuk mengetik kode PHP.

Aplikasi Notepad++ bisa di download dari https://notepad-plus-plus.org/download¹⁶. Sedan- gkan Komodo Edit bisa di download dari http://komodoide.com/komodo-edit¹⁷. Proses instalasi keduanya relatif mudah. Anda tinggal klik tombol Next beberapa kali, dan keduanya siap digunakan. Notepad++ dan Komodo Edit sama-sama bersifat open source dan bisa digunakan dengan gratis.

Notepad++

Notepad++ ringan dan cepat (hanya berukuran 20MB setelah diinstall). Teks editor ini sangat populer di kalangan web developer. Fitur-fitur penting juga sudah tersedia di dalam Notepad++, seperti penomoran baris (line numbering), pewarnaan kode program (syntax hilighting), serta code completion.

¹⁶https://notepad-plus-plus.org/download

¹⁷http://komodoide.com/komodo-edit


Gambar: Tampilan Aplikasi Text Editor Notepad++
 

Salah satu kelemahan dari Notepad++ adalah fitur pewarnaan kode program (syntax hilighting) hanya mendukung 1 bahasa dalam 1 file. Ketika dalam file yang sama terdapat kode program HTML, CSS dan PHP, Notepad++ tidak bisa ‘mewarnai’ semua bahasa.

Komodo Edit

Dibandingkan Notepad++, Komodo Edit memang belum sepopuler Notepad++. Selain itu, aplikasi ini juga cukup berat (berukuran sekitar 200MB setelah diinstall).

Namun Komodo Edit memiliki fitur yang lebih baik dan tampilan yang lebih rapi. Ketika kita menulis berbagai bahasa pemrograman dalam 1 file, semuanya diwarnai dengan baik.


Gambar: Tampilan Aplikasi Text Editor Komodo Edit

 Selain itu, Komode Edit memiliki fitur live debugging. Fitur ini akan menandai kode program yang salah sebelum kode tersebut dijalankan. Hal ini sangat membantu walaupun kadang- kadang sedikit menyebalkan. Pesan kesalahan sudah tampil duluan sebelum kita selesai menulis kode program 🙂


Gambar: Fitur Live Debugging Komodo Edit

 Untuk mengedit kode program PHP dengan cepat, saya biasanya menggunakan Notepad++. Tapi jika butuh membuat aplikasi PHP yang cukup panjang dan lebih dari 1 file, saya lebih suka menggunakan Komodo Edit.

 

Text Editor Alternatif

Komodo Edit dan Notepad++, hanyalah ’salah dua’ teks editor gratis yang bisa digunakan. Sebagai pilihan lain (yang juga gratis) anda bisa mencoba Bracket¹⁸, Atom¹⁹, Aptana Studio²⁰, Eclipse²¹ atau Net Beans²² .

Anda bebas ingin menggunakan editor apa saja, tidak harus Notepad++ atau Komodo Edit. Saya juga menyarankan untuk mencoba semua aplikasi teks editor diatas, dan pilih yang menurut anda paling nyaman.

Teks Editor Premium

Selain teks editor gratisan diatas, juga terdapat teks editor berbayar dengan fitur melimpah. Yang cukup populer adalah Sublime Text²³ dan PHPStorm²⁴.

Bagaimana dengan Adobe Dreamweaver?

Salah satu aplikasi populer yang cukup ‘melegenda’ terutama bagi pemula web programming adalah Adobe Dreamweaver. Dreamweaver merupakan aplikasi canggih dengan fitur me- limpah untuk pembuatan web. Dreamweaver termasuk kelompok aplikasi yang dikenal dengan sebutan WYSIWYG (What You See Is What You Get), dimana kita bisa merancang tampilan website dengan cara ‘drag and drop’, yakni menggambar tampilan web secara visual tanpa harus mengetahui kode program dibalik itu (walaupun dreamweaver juga menyediakan fitur coding yang sangat lengkap).

¹⁸http://brackets.io

¹⁹https://atom.io

²⁰http://www.aptana.com

²¹https://eclipse.org

²²https://netbeans.org

²³http://www.sublimetext.com

²⁴https://www.jetbrains.com/phpstorm/

Selain keunggulannya, menurut saya Dreamweaver tidak cocok untuk proses belajar. Aplikasi ini cenderung ‘berat’ dan berharga jutaan rupiah untuk versi legalnya. Dreamweaver lebih pas digunakan jika anda telah memahami kode-kode program yang ada dan mampu membeli versi aslinya.

Dalam bab ini kita telah mempersiapkan ‘perlengkapan perang’ yang terdiri dari aplikasi XAMPP, web browser, dan teks editor. Selanjutnya, kita akan langsung praktek untuk men- jalankan kode PHP.

Related Posts

Categorised in:

No comment for Instalasi Text Editor untuk Editor PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *