Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » PHP » Berkenalan Dengan PHP

Berkenalan Dengan PHP

(265 Views) March 22, 2017 3:57 pm | Published by | No comment

Sebagai bab pembuka dalam Belajar PHP dari dasar sampai mahir, saya akan mengajak anda berkenalan dengan PHP.

Kita akan mulai membahas pengertian PHP, memahami maksud dari PHP sebagai server side programming language, dan melihat bagaimana PHP bekerja.

 

1.1  Pengertian PHP

 

Dalam pengertian paling sederhana, PHP adalah bahasa pemrograman web yang digunakan untuk men-generate atau menghasilkan kode HTML.

Sebagai contoh, misalkan saya ingin membuat sebuah halaman web yang menampilkan kalimat “Nama Mahasiswa” sebanyak 10 kali. Dengan HTML, saya bisa menggunakan kode berikut:

01.daftar_mahasiswa.html

Gambar: Daftar mahasiswa dengan HTML

Menggunakan PHP, tampilan diatas bisa dihasilkan dengan kode berikut: 02.daftar_mahasiswa.php

Baris program antara <?php dan ?> adalah kode PHP. Yang ketika dijalankan, hasilnya sama persis dengan kode HTML sebelumnya. Sebagai pembuktian, saya akan tampilkan source code yang di proses oleh web browser:

Gambar: Daftar mahasiswa dengan PHP + tampilan kode HTML

 

Terlepas dari susunan tag <li> yang sedikit ‘berantakan’, kode yang dihasilkan dari PHP ini sama persis dengan kode HTML pertama.

Bagaimana jika ingin menampilkan 1000 nama mahasiswa? Menggunakan kode HTML “murni”, saya terpaksa men-copy-paste baris <li>Nama Mahasiswa ke-1</li> sebanyak 1.000 kali, kemu- dian mengganti satu-satu urutan angka yang ada.

Dengan bantuan PHP, hal ini sangat mudah dilakukan. Berikut revisi kode programnya:

03.daftar_mahasiswa_1000.php

Yup, cukup dengan menambahkan dua angka 0 pada baris ke 11 (dari 10 menjadi 1000), hasilnya adalah 1.000 nama mahasiswa!

Gambar: Daftar 1000 mahasiswa dengan PHP

 

Bagaimana jika 1.000.000 nama mahasiswa? cukup mengganti kode $i <= 1000 dengan $i <= 1000000. Seperti inilah yang yang saya maksud bahwa PHP digunakan untuk menghasilkan kode HTML.

Sebenarnya PHP dapat melakukan lebih dari sekedar menghasilkan kode HTML. Kita bisa menggunakan PHP untuk pemrosesan form, mengakses database, management session dan cookie, membaca file teks, menangani file upload, membuat file pdf, membuat file excel, dan masih banyak lagi. Ini karena PHP adalah sebuah bahasa pemrograman web server side (server side  programming language).

Apa itu server side programming language? Saya akan membahasnya dengan detail sesaat lagi. Singkatnya, server side programming language adalah bahasa pemrograman web yang berjalan di server, bukan di web browser seperti HTML, CSS maupun JavaScript.

Kembali ke pengertian PHP, saya belum menyinggung tentang kepanjangan PHP. PHP meru- pakan singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor. Singkatan ini disebut singkatan rekursif, yakni permainan kata dimana kepanjangannya juga terdiri dari singkatan PHP itu sendiri, yakni PHP: Hypertext Preprocessor.

Hypertext Preprocessor bisa diterjemahkan sebagai ‘pemroses hypertext’, atau ‘pemroses HTML’. Jadi tidak jauh berbeda dengan pengertian awal kita bahwa PHP adalah bahasa pemrograman web yang digunakan untuk men-generate atau menghasilkan kode HTML.

Agar lebih formal, saya ingin mengutip pengertian PHP dari dari wikipedia¹:

PHP is a server-side scripting language designed for web development but also used as a general-purpose programming language.

PHP adalah bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengem- bangan web, dan juga bisa digunakan sebagai bahasa pemrograman umum.

Dari pengertian ini, ternyata PHP juga bisa digunakan membuat aplikasi selain web (general- purpose programming language). Dan memang benar, terdapat modul seperti PHP-GTK untuk membuat aplikasi desktop dari bahasa PHP.

 

Modul PHP-GTK sendiri sebenarnya sudah ‘mati-suri’ sejak tahun 2010 lalu (tidak dikembangkan lagi). Pada bulan Mei 2015, komunitas pengembang PHP-GTK memu- tuskan untuk menghidupkan kembali proyek ini.

Dalam buku ini saya hanya fokus kepada penggunaan PHP untuk membuat hala- man web. Jika anda tertarik dengan PHP-GTK, bisa mengunjungi situs resminya di gtk.php.net².

Saat ini PHP dikembangkan secara kolaborasi oleh berbagai programmer di seluruh dunia yang tergabung ke dalam The PHP Group. PHP bersifat open source dan bisa di download dari situs resminya: php.net³.


Gambar: Halaman awal situs PHP: php.net

 

Related Posts

Categorised in:

No comment for Berkenalan Dengan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *